Cara Melawan Hawa Nafsu

alhamdulillah ada teman yang bertanya lewat sms yang isinya seperti ini :
tolong, bisa share.  Bagaimana cara melawan Hawa Nafsu.

ini lah sedikit jawaban dari ana untuk mu sodaraku  dan mudah2an bisa jadi bahan refensi  dalam tindakan dan mohon maaf jika ana tidak menyampaikan caranya secara detail karna ana yakin, pemahaman lah yang menggerakkan sesseorang.

sodaraku, perlu kita ingat bahwa hawa nafsu yang sering masyarakat umum pahami adalah gejolak dalam hati manusia untuk berbuat suatu tindakan yang tidak sesuai dengan hukum syara. melakukannya sehingga kita mendapatkan kebencian dari Alla SWT.

emang apa bahayanya hawa nafsu itu sendiri?

hawa nafsu sebenarnya sering di manfaatkan syaitan dalam menjurumuskan Manusia menuju kesesatan sehingga syaitan menjadikan manusia menuhankan hawa nafsunya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman : <!–“Maka pernahkah kamu melihat orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhannya dan Allah membiarkannya sesat berdasarkan ilmu-Nya dan Allah telah mengunci mati pendengaran dan hatinya dan meletakkan tutupan atas penglihatannya ? Maka siapakah yang akan memberinya petunjuk sesudah Allah . Maka mengapa kamu tidak mengambil pelajaran ?” (QS. Al-Jaathiya : 23)

Rasulullah shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam juga pernah bersabda :
Di kolong langit ini tidak ada tuhan yg disembah yang lebih besar dalam pandangan Allah selain dari hawa nafsu yg dituruti.

saudaraku, dengan hawa nafsu orang bisa memandang  baik apa yang tidak Allah ridhai, menjadikannya hal itu adalah suatu kewajaran.  dalam Al-quran di jelaskan : Iblis berkata: “Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan maksiat) di muka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya, (QS. Al-Hijr : 39)

syaitan ingin selalu menggoda manusia sehingga manusia tersesat, kita pun mungkin sering melihat orang yang melakukan kemaksiatan namun dia tidak pernah merasa malu dengan apa yang di lakukannya. Lebih parah dari itu adalah ada orang yang bangga ketika dia malakukan kemaksiatan dan malah mengangapnya seperti sebuah prestasi yang luar biasa, salah satu contohnya adalah seorang wanita yang bangga ketika aurat yang menjadi kehormatannya di pertontonkan, d jadikan sarana eksploitasi pengerup uang dari lelaki hidung belang seperti contoh dalam iklan2 yang kebanyakan malah menyuruh mereka mengumbar auratnya.

saudaraku, ketika kita menurutkan hawa nafsu, maka kita sebenarnya tidak lebih dari seekor hewan.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman : “…tetapi dia cenderung kepada dunia dan menurutkan hawa nafsunya yang rendah, maka perumpamaannya seperti anjing jika kamu menghalaunya diulurkannya lidahnya dan jika kamu membiarkannya dia mengulurkan lidahnya (juga)…” (QS. Al’araaf :176)

perlu kita ketahui juga, sesungguhnya menuruti hawa nafsu adalah sesuatu hal yang dapat membinasakan kita.
Dalam Al Musnad dijelaskan bahwa Anas Radhiallahu ‘Anhu berkata Rasul Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Ada tiga buah perkara yang membinasakan dan tiga perkara lain yang menyelamatkan. Adapun yang membinasakan yaitu; kikir yang dituruti hawa nafsu yang diikuti dan ‘ujub terhadap diri sendiri…”

tidak hanya itu sodaraku, menuruti hawa nafsu hanya akan menyesatkan, menjadikan kita jauh dari kebenaran.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman : “…dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu maka ia akan menyesatkan kamu dari jalan Allah…” (QS. shaad : 26).

dengan mengkuti hawa nafsu, maka kita adalah termasuk orang yang dzalim. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman : “Tetapi orang-orang yang zhalim mengikuti hawa nafsunya tanpa ilmu pengetahuan.” (QS. Ar-Room : 29)

bagaimana sikap kita terhadap hawa nafsu itu sendri?

  • jadikan lah hawa nafsu itu adalah musuh kita, sebagaimana Diriwayatkan melalui Imam Shâdiq bahwa Rasulullah shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam pernah bersabda : “Waspadalah terhadap hawa uafsu kalian sebagaimana kamu sekalian waspada terhadap musuh. Tiada yang lebih pantang bagi manusia daripada mengikuti hawa, nafsu dan ketergelinciran lidah yang tak bertulang.”
  • tundukkan lah hawa nafsu kita agar sesuai dengan hukum syara’. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda : “Tidaklah beriman salah seorang dari kalian sehingga hawa nafsunya tunduk terhadap apa yang aku bawa.”

apa yang kita dapatkan ketika hawa nafsu sudah kita kuasai?

  • Ibnul Qayyim dalam soal keutamaan melawan hawa nafsu berkomentar, “Sesungguhnya melawan hawa nafsu bagi seorang hamba melahirkan suatu kekuatan di badan, hati dan lisannya.”
  • Sebagian salaf berkata “Orang yang bisa mengalahkan nafsunya lebih kuat daripada orang yang menaklukkan sebuah kota dengan seorang diri.”
  • Dalam hadits shahih disebutkan “Tidaklah orang yang kuat itu yang menang dalam bergulat tetapi orang yang kuat adalah orang yang dapat menguasai hawa nafsunya ketika ia marah.
  • ”Rasulullah saw bersabda : “Jihad yang paling utama adalah jihad seseorang  melawan hawa nafsunya” Hadits ini dishahihkan oleh Nashiruddin al-Bani dalam Shahihul Jami’ (1099).
  • Diriwayatkan dari Imam Al-Baqir bahwa Rasulullah SAWW bersabda, Allah SWT berfirman: “Demi kemuliaan-Ku, kebesaran-Ku, keagungan-Ku, keperkasaan-Ku, nur-Ku, ketinggian-Ku dan ketinggian tempat-Ku, tak seorang hambapun yang mengutamakan keinginannya (nafsunya) di atas keinginan-Ku, melainkan Aku kacaukan urusannya, Aku kaburkan dunianya dan Aku sibukkan hatinya dengan dunia serta tidak Aku berikan diinia kecuali yang telah kutakar untuknya.

gimana caranya melawan hawa nafsu?

sodaraku, ketika hawa nafsu datang, memang berat untuk melawannya, namun menurut pengalaman dari orang alim ini lah yang mereka ungkapkan :

  • beristigfarlah ketika hawa nafsu datang, hal itu bagaiikan pukulan kepada syaitan yang menggoda.
  • dzikrullah (mengingat Allah),  tanamkan lah dalam diri kita bahwa setiap yang kita lakukan tidak akan lepas dari pengawasan sang maha pencipta.
  • perbanyak lah baca Al-Quran, pahamilah isinya, insya Allah hal itu dapat membantu untuk melupakan gejolak hawa nafsu yang datang
  • seringi silaturahmi, berkumpul lah dengan orang shaleh, dan perbincangkan lah hal-hal yang bermanfaat.

saudaramu andi safari
banjarmasin, 24 jun 2013

Sumber Referensi :

http://behesti.wordpress.com/2007/12/18/hawa-nafsu-dalam-quran-dan-hadits/

http://www.untukku.com/artikel-untukku/info-dan-tips/cara-menahan-hawa-nafsu-menurut-islam-untukku.html

http://sebaikmanusia.blogspot.com/2011/03/hawa-nafsu.html

http://syafruddinsyaer.blogspot.com/2011/02/keterampilan-menahan-diri-dari-segala.html

https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=410086282399471&id=227955707279197

http://edukasi.kompasiana.com/2012/07/24/memerangi-hawa-nafsu-memerangi-jihad-tertinggi-480366.html

3 Tanggapan to “Cara Melawan Hawa Nafsu”

  1. Adams El-Azhar Says:

    sungguh luar biasa..
    dan sangat menginspiratif

  2. I muslim Says:

    Syukron katsiron

  3. h.mohammad agung Says:

    Jangan melakukan segala bentuk kejahatan
    Perbanyak kebajikan
    Sucikan hati dan pikiran

    Jangan membunuh
    Jangan mencuri
    Jangan zinah/asusila
    Jangan bohong
    jangan mabok


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: