Selembut Cinta Rasulullah SAW Terhadap Istrinya

beruntunglah seorang wanita yang mempunyai ikhwan yang mengidolakan Rasululah Saw. Kenapa tidak, karna beliau lah orang yang sangat penuh sayang terhadap sang istri. jika sampai semua orang di dunia ini mengenal sikap beliau kepada sang istri, niscaya tidak ada satupun orang yang dengki kepada beliau, dan sebaliknya, mereka bakalan berlomba-lomba untuk memuliakanNya.

pada suatu hari, Rasulullah Saw melihat ada seorang suami yang memukul istrinya. Beliau kelihatan marah saat melihatnya, sehingga beliau bertanya kepadanya, “kenapa engkau memukul istrimu itu?” pemuda itu pun gugup dan menjawab pertanyaan Nabi Saw dengan gemetar “istriku itu sangat keras kepala! Sudah berapa kali saya nasihati tapi tetap bandel juga”. Rasulullah pun berkata lagi, “aku tidak menanyakan alasanmu, tapi aku menanyakan kenapa engkau memukul teman tidurmu dan ibu dari anak-anak mu”.

dari sana kita dapat mengambil kesimpulan bahwa beliau adalah orang yang sangat penyayang terhadap siapapun, termasuk kepada istriNya. seakan2 beliau ingin menujukan kepada kita bahwa, “Sayangilah istri kita meskipun melakukan kesalahan untuk yang ke2 kalinya. Jangan pernah memukulnya, tetapi nasihatilah dengan cara penuh kasih dan sayang. Karna bisa saja istri kita melakukan kesalahan bukan karna di sengaja, mungkin bisa saja dia lupa karna terlalu sibuk mengurus kehidupan kita.

suatu hari beliau juga pernah tidur di depan pintu rumah. Ketika itu Rasulullah pulang terlalu malam, mungkin di sebabkan karna ada urusan yang mengharuskan beliau pulang malam. Ketika Rasulullah Saw mengetuk pintu rumahnya 3 kali, ketukan pertama biasa aja, ketukan kedua dan ketiga menjadi tambah pelan. Ketika Rasulullah Saw tidak mendapati istrinya aisyah membukakan pintu, lantas beliau tidur didepan pintu.

Rasulullah melakukan hal itu karna beliau sangat menghormati istrinya. Beliau mengargai hak dari sang istri untuk bisa tidur tanpa mendapatkan gangguan. Padahal waktu itu Aisyah sedang menunggu kedatangan beliau.
waktu itu aisyah kaget karna tidak mendapati beliau di dalam ruamah, sehingga aisyah keluar membuka pintu rumah yang sebenarnya kedatangan Rasulullah Saw sedang di tunggu oleh aisyah. Ketika Aisyah membuka pintu rumah, yang beliau dapatkan adalah Rasulullah Saw sedang tidur disana. Aisyah pun berkata “kenapa engkau tidur disini?” Nabi Muhammmad menjawab, “Aku pulang sudah larut malam, aku khawatir mengganggu tidurmu sehingga aku tidak mengetuk pintu. itulah sebabnya aku tidur di depan pintu.”

tidak hanya itu, Rasulullah SAW tidak pernah menyusahkan istrinya. Jika pakaiannya koyak, Rasulullah SAW menambalnya sendiri tanpa menyuruh isterinya. Rasulullah SAW  juga tidak segan membantu istrinya di dapur. Contoh: Setiap kali pulang ke rumah, bila dilihat tiada makanan yang sudah siap dimasak untuk dimakan, sambil tersenyum Rasulullah SAW  menyingsingkan lengan bajunya untuk membantu isterinya di dapur.

 

Rasulullah Saw juga sangat menjaga perasaan istrinya. suatu ketika, Rasulullah SAW pulang pada waktu pagi. Beliau pasti sangat lapar saat itu. Tetapi dilihatnya tidak ada apapun untuk sarapan, bahkan yang mentah pun tidak ada karena waktu itu ‘Aisyah belum ke pasar. Maka beliau bertanya, “Belum ada sarapan ya Khumaira?” Aisyah menjawab dengan agak serba salah, “Belum ada apa-apa ya Rasulullah.” Rasulullah SAW lantas berkata, “Jika begitu aku puasa saja hari ini.” tanpa sedikit pun tergambar raut kesal di muka beliau.

sebenarnya masih banyak lagi bagaimana sifat beliau terhadap istrinya. Namun saya pun tahu, untuk membaca samapi sini aja perlu pengorbanan yang berat karna terlalu panjang mungkin. Apalagi kalau diteruskan, bisa2 sebelum mau membaca udah nyerah dulu karna terlihat terlalu panjang. Tapi terimakasih nya ya karna sudah mau membaca.😀

Rasulullah SAW bersabda, “sebaik-baik lelaki adalah yang paling baik, kasih dan lemah lembut terhadap isterinya.”

Referensi :

1. http://media.isnet.org/islam/Etc/AkhlakNabi
2. http://uchihajaka.blogspot.com/2010/02/cara-rasulullah-melayani-istrinya.html
3. htmlhttp://cara-muhammad.com/karakter/cinta-rasulullah-saw-pada-istri/

16 Tanggapan to “Selembut Cinta Rasulullah SAW Terhadap Istrinya”

  1. Diar Rosdayana Says:

    Catatan yang inspiratif. Gaya bahasanya juga menarik dan reflektif… Semoga kita senantiasa bisa meneladani Rasulullah…

  2. Fauzan azhari Says:

    Bagus

  3. Zha El Humaira Says:

    Subhanallah,, Rabb.. semoga ana dapatkan pendamping yang meneladani beliau, Rasulullah.
    mohon share juga artikel2 tntang akhwat/muslimah.
    jazaakallah ilmunya.

  4. roni Says:

    cerita yang inspiratif dari manusia yg paling mulia Rasulullah SAW

  5. nick Says:

    bagus… menginspirasi… lebih enak dikit” namun tetap bermakna… n betul kalau terlihat banyak mau baca kadang” ada yang malas duluan…

  6. Anak Pertama Says:

    Nice story.. Mungkin judulnya bisa dicarikan yg lebih menarik lagi, misal “Selembut Cinta Rasulullah SAW terhadap Istrinya” ato “Menjadi Suami Idaman Seperti Rasullullh SAW” dll. Saat baca cerita ini, semakin dibaca malah makin bikin penasaran. Kalo mau ditambah sebenarnya juga gak apa2 (asal jangan panjang2) soalnya ini cerita tentang idolanya umat Islam bahkan umat lain jg ada yg nge-fans ama Rasulullah, jadi kita pasti slalu pingin tau banyak tentang idola kita. Bisa juga menceritakan sayangnya Rasulullah terhadap istrinya yg lain. Makin mantab jika ditambah lagi hadist2nya dari sumber yg terpercaya. Afwan, jika ada komentar saya yg kurang enak di hati, semoga bermanfaat dan terus semangat berkarya…!!! ^_^

  7. Rhiema Khoirun Nisa Ammatullah Says:

    Luar biasa…
    Bahasanya ringan jadi mudah dipahami. ana juga masih belajar menulis. mungkin hadist yang dicantumkan dicari yang lebih menginspirasi… sehingga menggugah nafsiah islamiyah kita. harapannya yang membaca jadi mengidolakan Rasulullah SAW.
    Semoga kita tidak salah pilih dalam mendapatkan pendamping hidup. karena menikah itu bukan takdir tapi pilihan. dan tiap – tiap pilihan akan fimintai pertanggung jawaban.
    #Ditunggu tulisan berikutnya ((^ _______ ^

  8. rheza suryani sujono Says:

    Subhanalah … begitu lembut Dan sangat menghargai kaum hawa ..
    impian semua hawa bl mempunyai misua Seperti Beliau Baginda Nabi Muhammad saw

  9. Andhika Alhazen Says:

    nilai positif: Bagus
    nilai negatif: Kurang panjang, lol

  10. aleyna Says:

    semoga bs d teladani oleh Bapak2 nih hehehe

  11. Abu Tsabita Says:

    Semoga kita bisa seperti Rasulullah

  12. Rohmad Wa Sang Pejuang Says:

    bagus tp klo saya membacanya kurang puas soalnya masih sedikit… ditunggu kelanjutannya…ya ….!!

  13. Rya Itc Cuhaee Says:

    :: Subhanallah.. Rasulullaah memang sebaik-baiknya Suri Tauladan bagi kita..
    semoga banyak para Lelaki yang mencontoh Rasulullaah..🙂
    bukan hanya banyak bahkan kalau bisa SEMUA..🙂
    Hamasah..

  14. Yangtersayang Says:

    Subhanallah,,,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: