Yang Tak Pernah Berkata Kasar

Menurut anda siapakah orang yang sangat beruntung?

Anas bin malik adalah orang yang sangat beruntung dalam hidupnya. Bagaimana tidak, beliau adalah orang yang pernah tinggal  bersama Rasulullah Saw selama 10 tahun. Bersama Beliau anas mendapatkan segala hal yang tak pernah di dapatkan oleh seorang anak dari ayahnya. Bersama Beliau pula, anas mendapatkan pengajaran, Nasihat, dan kebahagiaan yang tidak bisa ternilai harganya. Ia juga menemukan sifat keaguangan Rasul yang membuat iri semua orang. Hal itu dapat kita lihat dari salah satu ceritanya.

pada saat itu Rasulullah Saw pernah menyuruh Anas bin Malik untuk membeli sesuatu dan Anas pun keluar untuk membelinya. Di tengah jalan Anas berniat untuk bermain bersama anak-anak di pasar sehingga Anas tidak melakukan apa yang telah di perintahkan oleh Rasulullah Saw. Saat Anas sedang asiknya bermain, tiba-tiba anas merasakan ada seseorang  yang berdiri di belakang dan menarik bajunya dengan lembut. Anas pun menoleh kebelakang, dan ketika itu yang ia lihat Adalah Rasulullah Saw. Rasulullah Saw tersenyum kepada Unais sambil berkata : “wahai Unais, apakah engkau sudah melakukan apa yang ku pinta ^_^? Anas pun gerogi dan berkata : “baik… aku akan melakukannya sekarang ya Rasulallah…”

selama 10 tahun Rasulallah Saw tidak pernah berkata kasar kepada Anas. Seandainya Anas melakukan suatu kesalahan, beliau TIDAK PERNAH Mengatakan “kenapa engkau melakukan ini”. Dan seandainya anas tidak melakukan apa yang di perintahkan, Rasulullah TIDAK PERNAH mengatakan “mengapa kamu tidak mengarjakannya?”

Rasulullah jika memanggil anas maka beliau memanggilnya dengan panggilan manja dan kasih sayang; terkadang beliau memanggilnya Unais, terkadang beliau memanggilnya anakku.

Contohnya adalah ketika Rasulullah Saw memberikan nasihat kepada Anas, salah satu nasihatnya adalah : “Wahai anakku, bila engkau mampu berada  dipagi dan sore hari tanpa ada dengki di hatimu pada siapapun, maka lakukanlah…! Anakku, yang demikian adalah termasuk sunnahku, barang siapa yang menghidupkan sunnahku maka ia telah mencintaiku… barang siapa yang mencintaiku, maka ia akan berada di surge bersamaku… Wahai anakku, jika engkau masuk kedalam rumah, ucapkanlah salah,  karena hal itu akan membawa keberkahan bagimu dan juga bagi penghuni rumahmu.

 

Komentar :

Kesimpulan dari Riwayat di atas adalah

  1. Sudah sepatutnya bahwa kita sebagai umat Rasulullah Saw mencontoh semua kehidupan Beliau, salah satunya seperti cerita di atas adalah jangan pernah berkata kasar, apalagi sampai menyakiti perasaan orang lain..
  2. Panggillah seseorang dengan nama yang dapat membuat orang itu senang, jangan  menggelari seseorang meskipun sudah kenal dengan gelar-gelar yang buruk “…dan janganlah kalian panggil memanggil dengan gelar-gelar yang buruk (TQS. Alhujurat : 11)
  3. Jadilah orang yang berlapang dada dan jangan mudah cepat marah.
    “wahai Rasulullah, ajarkanlah kepada saya sebuah ilmu yang bisa mendekatkan saya ke surge dan menjauhkan dari neraka. “maka beliau Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “jangan tumpahkan kemarahanmu, niscaya surge akan engkau dapatkan.” (HR. Thobrani, Shohih)

Satu Tanggapan to “Yang Tak Pernah Berkata Kasar”

  1. sevdalı Says:

    çok doğru ve takdir edlir


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: